August 14, 2022

Unit Penjaminan Mutu

Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi UNTAD


Sabtu, 25 Juni 2022, Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Tadulako (UNTAD), dengan Koordinator Program Studi Dr. Ayu Wahyuningsih, menyelenggarakan persiapan visitasi tim asesor akreditasi. Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Direktur Pascasarjana, Dr. Ir Adam Malik, M.Sc., IPU., menekankan bahwa upaya meningkatkan akreditasi Program Studi (Prodi) di Pascasarjana UNTAD terus berjalan. Direktur Pascasarjana UNTAD juga menjelaskan bahwa saat ini status pencapaian IKU Universitas Tadulako terus meningkat sehingga Menteri Pendididikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan apresiasi khusus ke UNTAD dalam bentuk peningkatan anggaran. Oleh karenanya, Rektor telah menyampaikan akan memberikan reward khusus bagi Prodi yang mencapai akreditasi Unggul. Selanjutnya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAD, Dr. Muh. Ikbal A, SE, Ak, M.Si, CA. yang juga hadir pada kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa Fakultas dan Pascasarjana UNTAD akan mendukung sepenuhnya proses akreditasi Program Studi Doktoral Ilmu Ekonomi UNTAD menuju unggul. 

Dalam kegiatan penyamaan persepsi tersebut didampingi oleh Drs. Syamsu, M.Si. dan Dr. I. Wayan Sudarsana, M.Si. dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNTAD yang memberikan berbagai saran menuju visitasi akreditasi Program Studi Doktoral Ilmu Ekonomi UNTAD. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana UNTAD yang mendukung dokumen dan penjaminan mutu internal, sekaligus menjadi bagian dari pelaksanaan visitasi sebagai salah satu unit penilaian dalam kriteria borang akreditasi. (NE).

~~~***~~~


UPM Pascasarjana UNTAD external benchmarking ke BINUS University

Peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan tata kelola perguruan tinggi adalah suatu keharusan untuk menjawab tuntutan pelayanan pendidikan. Sebagai upaya peningkatan kapasitas tersebut, Unit Penjaminan Mutu Pascasarjana Universitas Tadulako bermaksud berkunjung ke BINUS University secara virtual untuk kegiatan external benchmarking. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan pemahaman dan memperoleh informasi best practices tata kelola sistem penjaminan mutu internal
  2. Meningkatkan pemahaman pengelolaan unit dan sumber daya manusia  
  3. Meningkatkan pemahaman dan strategi pengelolaan sistem informasi layanan akademik

Tidak hanya Universitas Tadulako, beberapa Universitas lain seperti Universitas Bengkulu, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, dan perguruan tinggi swasta lainnya juga turut hadir dalam benchmarking tersebut atau BINUS menyebutnya Studi Banding Bersama. Dalam paparan pembuka, Wakil Direktur Bidang Keuangan Pascasarjana UNTAD menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah upaya institusi kami untuk terus berbenah ke arah yang lebih maju dengan cara memperoleh hal-hal baik yang bisa kami terapkan di Universitas Tadulako.

Rapat Rutin Unit Penjaminan Mutu Pascasarjana Membahas Manual Standar Pelayanan Mutu Internal

Secara rutin Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana melakukan diskusi dan dan pengkajian atas dokumen-dokumen penjaminan mutu internal di Pascasarjana Universitas Tadulako (UNTAD). Rapat pada Rabu, 19 Januari 2022 membahas manual standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pascasarjana UNTAD. Pada prinsipnya terdapat empat manual SPMI, yakni Manual Standar Pendidikan, Manual Standar Penelitian, Manual Standar Pengabdian Kepada Masyarakat, Manual Standar Khusus/Tambahan. Setiap manual SPMI terdiri atas sub-sub manual yang terus dikaji relavansi operasionalisasinya di Pascasarjana UNTAD. DItargetkan, setelah pengkajian selesai, akan diambil tidakan revisi jika dibutuhkan dan diturunkan menjadi standar, formulir, dan Standar Operasional Prosedur. Kesemua proses tersebut merupakan upaya Pascasarjana UNTAD untuk menyelenggarakan prinsip PPEPP (penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan) dalam penyelenggaraan program dan kegiatan Pascasarjana UNTAD (~NE).

~~~~~~~***~~~~~~~

UPM Pascasarjana Mengawali Perencanaan Kegiatan 2022

Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana UNTAD melakukan rapat perdana untuk penyelenggaraan penjaminan mutu pascasarjana pada Selasa, 4 Januari 2022. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua UPM Pascasarjana UNTAD, Dr. Muliati, SE., M.Si. Ak, CA., dan dihadiri oleh Sekretaris dan Biro UPM. Dalam rapat tersebut dibahas persiapan program kerja untuk tahun 2022. Selain membahas program, UPM juga mempersiapkan dukungan untuk re-akreditasi Program S3 Ilmu Ekonomi. (~NE).

~~~~~~~***~~~~~~~