Pencarian

Kalender Kegiatan

S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6

Kegiatan

Sel Mei 26 @08:00 - 05:00PM
Batas Pendaftaran Wisuda
Sel Mei 26 @08:00 -
Penerimaan Mahasiswa Baru
Rab Mei 27 @08:00 -
Penerimaan Mahasiswa Baru
Kam Mei 28 @08:00 -
Penerimaan Mahasiswa Baru
Jum Mei 29 @08:00 -
Penerimaan Mahasiswa Baru

Alamat

PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS TADULAKO

Kampus Bumi Tadulako Tondo
Jl.Soekarno-Hatta Km.9,
PALU - SULAWESI TENGAH 94118
Telp. 0451-429378
Fax. 0451-455961
E-mail: untadpascasarjana@gmail.com.
Prosedur Proposal Tesis dan Seminar

Sistem Penilaian

1. Tatacara Penilaian

Transparansi penilaian mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Tadulako dilakukan sesuai dengan rambu-rambu berikut.

(1)     Dosen memberi nilai kepada mahasiswa untuk mata kuliah apabila kehadiran mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan minimal 80% dari total tatap muka. Komponen penilaian meliputi (a) partisipasi aktif dan rasionalisasi gagasan dalam setiap diskusi; (b) kedalaman review untuk tugas makalah; (c) nilai ujian tengah dan akhir semester; (d) kehadiran, jika mahasiswa dan dosen sepakat komponen ini dilibatkan dalam penilaian (maksimal 10%).

(2)     Komponen yang dinilai beserta proporsinya harus diketahui oleh mahasiswa. Oleh karena itu, koordinator mata kuliah harus menyampaikan hal tersebut pada pertemuan awal perkuliahan melalui kontrak perkuliahan.

(3)     Pelaksanaan Ujian Tengah Semester dan Akhir Semester diberitahukan kepada mahasiswa minimal 2 minggu sebelum pelaksanaan.

(4)     Penilaian ujian dan tugas lainnya diberikan dalam bentuk kuantitatif, 10 s.d. 100. Dalam hal ini, dosen menyampaikan hasil penilaian kepada mahasiswa secara terbuka.

(5)     Penanggung jawab mata kuliah dalam menentukan nilai akhir didasarkan pada proporsi materi yang diajarkan sebagaimana tertuang dalam silabus mata kuliah.

(6)     Apabila terdapat sesuatu keluarbiasaan, nilai mahasiswa dapat ditunda dengan kode penilaian T sesuai dengan pertimbangan dosen.

(7)     Kode penilaian T yang berarti ada penundaan penilaian terhadap mahasiswa, hanya diberikan kepada mahasiswa karena keadaan luar biasa. Keadaan itu lazim dibuktikan dengan surat keterangan yang dapat meyakinkan dosen, misalnya (a) bersalin, (b) sakit rawat inap, (c) keluarga inti meninggal dunia, (d) bencana/musibah alam, (e) menikah, (f) beribadah haji, dan (g) salah satu komponen penilaian belum dipenuhi oleh mahasiswa.

(8)     Kode penilaian T yang berarti bahwa ada penundaan penilaian hanya berlaku paling lama 2 (dua) bulan sejak tanggal penandatanganan DPNA. Apabila dalam batas waktu yang ditentukan mahasiswa tidak dapat memperbaikinya, kode penilaian T diubah menjadi nilai E (tidak lulus). Akan tetapi, jika mahasiswa dapat menyelesaikannya pada waktu yang tepat, kode penilaian T dapat diganti dengan nilai maksimal B.

(9)     Nilai akhir mahasiswa dari semua komponen penilaian dalam bentuk kuantitatif dikonversi dalam bentuk kualitatif berikut;

Rentang

Kriteria

Nilai

Keterangan

Ekivalensi

> 85

Sangat Baik

A

Lulus

4

81 – 85

Sangat Baik

A-

Lulus

3,75

76 – 80

Baik

B+

Lulus

3,25

71 – 75

Baik

B

Lulus

3

55 – 70

Cukup

C

Lulus

2

< 55

Kurang

E

Gagal

0

(10) Nilai akhir mata kuliah diserahkan oleh dosen penanggung jawab mata kuliah ke program studi dibuktikan dengan berita acara penyerahan/penerimaan nilai. Selanjutnya, program studi mengumumkannya kepada mahasiswa.

(11) Pemasukan DPNA ke program studi paling lama 14 hari setelah pelaksanaan ujian akhir semester suatu mata kuliah. Apabila dosen terlambat memasukkan DPNA sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan telah diperingatkan secara tertulis, Koordinator Program Studi berhak memberikan nilai B kepada semua mahasiswa yang memenuhi syarat mengikuti ujian akhir semester untuk mata kuliah dimaksud.

(12) Setiap akhir semester, Koordinator Program Studi memberikan peringatan kepada mahasiswa yang memperoleh IPK kurang dari 2,75 untuk mahasiswa program magister dan 3,25 untuk mahasiswa program doktoral. Apabila telah menyelesaikan semua mata kuliah, tetapi capaian IPK belum mencapai nilai IPK minimal maka mahasiswa yang bersangkutan dapat diberi kesempatan memperbaiki nilai C dalam bentuk remedial dan nilai maksimal B hingga mencapai IPK minimal.

(13) Apabila memperoleh nilai E, mahasiswa dapat memprogram kembali pada semester yang sama jika mata kuliah tersebut terjadwal pada semester berjalan. Adapun mekanisme pelaksanaan remedial diatur oleh Koordinator Program Studi.

(14) Perubahan nilai kelulusan mahasiswa hanya bisa dilakukan oleh tim dosen pengasuh matakuliah berdasarkan alasan-alasan yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, Statuta Universitas, Pedoman Akademik Universitas dan Pedoman Akademik Pascasarjana.

2. Penyelesaian Kode Penilaian Tunda (T)

Penyelesaian kode penilaian T bagi mahasiswa harus mengikuti tahap/prosedur sebagai berikut: (1) mahasiswa yang memperoleh kode penilaian T harus melapor kepada Koordinator Program Studi; (2) Koordinator Program Studi mengusulkan kepada Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan untuk memperoleh surat pengantar kepada dosen pengampu mata kuliah yang disertai dengan blanko DPNA baru sebagai tempat pengganti kode penilaian T; (3) setelah mahasiswa memperoleh nilai dalam DPNA pengganti kode penilaian T dari Dosen Pengampu Mata Kuliah, DPNA baru diserahkan kepada Koordinator Program Studi; (4) Koordinator Program Studi menyerahkan DPNA baru kepada Bagian Akademik sebagai dasar penerbitan KHS baru pengganti KHS lama yang berisi kode penilaian T.

 




© Pascasarjana Universitas Tadulako . site maintanance fattah_patra@yahoo.com .


UNTAD | PUSKOM | INTERNATIONAL OFFICE | HERBARIUM CELEBES | WEBMAIL