Magister MTK

PROGRAM STUDI

MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA


Dewasa ini kemajuan teknologi dalam berbagai bidang sangat pesat. Perkembangan teknologi tersebut selalu datang dari negara-negara maju. Perkembangan teknologi berawal dari suatu ide dan pengembangan manusia dalam upaya untuk mempermudah menjalankan aktivitas yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan manusia itu sendiri. Suatu ide tanpa dibarengi dengan pengetahuan dan kemampuan ilmu-ilmu dasar tidaklah mungkin untuk menciptakan suatu teknologi.

Teknologi biasanya dimulai dari suatu eksperimen/penelitian yang sifatnya eksplorasi dan inovasi baru yang berskala laboratorium. Dari hasil penelitian tersebut kemudian dikembangkan dan disempurnakan menjadi karya teknologi. Olehnya itu dalam arus globalisasi kemampuan untuk menguasai ilmu dasar seperti Matematika, menjadi instrumen yang paling utama dibutuhkan dan sangat tepat dalam menghadapi tantangan.

Dalam rangka menghadapi tantangan global tersebut maka perlu disiapkan sumber daya manusia yang mampu membuat inovasi dan meciptakan teknologi. Penyiapan sumber daya manusia salah satu caranya adalah melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Perkembangan ilmu dan penerapan teknologi di tanah air, menuntut  kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Pengembangan SDM yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari peranan MIPA (Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia) sebagai ilmu dasar. Dengan demikian, tenaga-tenaga profesional Bidang Pendidikan Matematika semakin dibutuhkan baik dalam dunia pendidikan (pendidikan tinggi, pendidikan menengah, dan pendidikan dasar), maupun bidang-bidang lain yang membutuhkan Matematika dalam meningkatkan SDM yang dimilikinya.

Untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional Bidang Pendidikan Matematika, maka Sekolah Pascasarjana (PPs) Universitas Tadulako akan membuka program studi Pendidikan Matematika, dengan misi menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan tenaga professional di bidang Pendidikan Matematika. Tersedianya tenaga professional Pendidikan Matematika, dipandang mendesak dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya dan kawasan Timur Indonesia pada khususnya.

Sulawesi Tengah dengan wilayah geografis yang cukup besar dan luas, kaya dengan sumber daya alam, merupakan potensi yang menjanjikan harapan dan menggiurkan bagi banyak pihak asing untuk berinvestasi di daerah ini. Jika tidak dari sekarang kekayaan ini dilindungi dan dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan melibatkan kemampuan masyarakat dan intelektualitas yang memadai, maka kekayaan itu menjadi sia-sia belaka bagi rakyat dan bangsa itu sendiri. Oleh karena itu, upaya pembenahan harus dilakukan dengan memperkuat kemampuan ilmu-ilmu dasar sebagai alat untuk merespon tuntutan di atas.

Ketrampilan ilmu-ilmu dasar harus diperkuat dengan kompetensi yang memadai melalui program Magister (S2) Pendidikan Matematika. Program ini dapat menjadi sarana yang mampu mendidik masyarakat atau generasi potensial, baik dalam hal keilmuan yang amat dibutuhkan dalam seluruh sektor kehidupan masyarakat.

Disamping tuntutan arus globalisasi seperti diutarakan di atas, tuntutan akan kualitas, kompetensi, dan profesionalisme pembelajaran pada bidang Matematika baik di Sulawesi Tengah secara khusus maupun di Indonesia secara umum, sangat membutuhkan dibukanya program magister (S2) Pendidikan Matematika  di Sulawesi Tengah. Hal ini selaras dengan digulirkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menggariskan adanya kempetensi dan kualifikasi yang dimiliki oleh guru dan dosen sebagai pelaksana pendidikan. Rencana strategis jangka panjang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yakni peningkatan daya saing bangsa, otonomi, dan kesehatan organisasi, menjadikan perguruan tinggi sebagai satu sistem yang menjamin terlaksananya proses pendidikan yang berkualitas yang dapat menghasilkan lulusan yang profesional dan memenuhi tuntutan pemangku. Perguruan tinggi yang memiliki otonomi menjamin kualitas, efisiensi dan efektifitas pelaksanaan program akademik.

Fenomena dan perkiraan yang digambarkan di atas memastikan diri Universitas Tadulako, mengajukan usulan pembukaan program  Magister (S2) Bidang Pendidikan Matematika, untuk memenuhi tuntutan kompetensi serta kualifikasi terhadap pendidikan Matematika khususnya di Sulawesi Tengah, dan umumnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai program awal yang siap dan memenuhi syarat serta menjadi basis bagi pengembangan program-program lainnya Bidang pendidikan ilmu-ilmu dasar.

Program magister (S2) Pendidikan Matematika sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga professional Bidang Pendidikan Matematika yang dapat “dijangkau” oleh sarjana (S-1) di kawasan Indonesia Timur. Universitas Tadulako berada di Kota Palu sebagai pusat pengembangan Kawasan Timur Indonesia merupakan salah satu tempat yang strategis untuk membuka program studi S2 Pendidikan Matematika  tersebut.

Pembukaan program studi S2 Pendidikan Matematika di Univ. Tadulako, selain karena letak geografisnya yang sangat strategis juga didasarkan atas pemikiran-pemikiran sebagai berikut:

  1. Rekomendasi Komisi Internasional Pengembangan Pendidikan (UNESCO) untuk menggunakan Pendidikan Sepanjang Hayat sebagai konsep induk (master plan) dalam pengembangan dan pengorganisasian pendidikan dan pembelajaran memasuki globalisasi di awal abad 21.
  2. Surat Plt. Direktur Jendral Dikti Kemendikbud Nomor 324/E.E2/DT/2014 tanggal 8 April 2014 tentang Pembukaan Pembukaan Program Studi (S2) pada Universitas Tadulako. mulai tahun pelajaran 2014/2015
  3. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, tentang SISDIKNAS, Bab VI Pasal 19, ayat (1) disebutkan bahwa pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang cukup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
  4. Undang-undang RI No 20 tahun 2003, tentang SISDIKNAS, Bab XI Pasal 40, ayat (1) butir  (c) disebutkan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berhak memperoleh binaan karir sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas.
  5. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako saat ini (Januari 2013) memiliki dosen dengan kualifikasi S-3 sebanyak  8 orang dan kualifikasi  Profesor 1 orang, Lektor Kepala 7 orang dan S2  sebanyak 22 orang. (4 orang sedang mengikuti program S-3, di antaranya 2 orang kandidat akan selesai dalam waktu dekat). Selain itu, Program Studi Pendidikan Matematika S-1 telah terakreditasi B.
  6. Program S2  Pendidikan Matematika untuk kawasan Indonesia Timur sampai saat ini hanya satu ada di Makasar.
  7. Banyak Pendidik (Dosen atau Guru) yang masih berkualifiasi S-1 Pendidikan Matematika yang berada di kawasan Timur Indonesia, yang diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 Pendidikan Matematika di PPs Universitas Tadulako Palu.
  8. Program studi Pendidikan Matematika PPs Univ. Tadulako diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan tenaga peneliti dan tenaga kependidikan Matematika di Kawasan Timur Indonesia.

 

Pengelola Program Studi

Koordinator Prodi: Prof. Dr. Maxinus Jaeng, M.Pd.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *